Tuesday, June 25

Pidato Kewajiban Menuntut Ilmu

Tags




Pidato merupakan suatu kegiatan menyampaikan pesan yang terkandung makna mendalam untuk diterapkan dalam kehidupan kita sebagi manusia. Pidato biasanya dilakukan di acara-acara resepsi pernikahan, perpisahan, rapat, konferensi, dan sebagainya.


Bermacam-macam jenis topik pidato yang bisa disampaikan untuk audience yang tentunya akan mendengarkannya. Dalam berpidato pun perlu ada kesiapan yang matang sebelumnya agar proses penyampaikan pesan penting tersebut berjalan dengan lancar. Selain itu perlunya memperhatikan bahasa dan etika dalam berpidato, karena setiap orang akan menilai kita melalui dua hal tersebut.

Jika anda kebetulan ingin mengambil topik pidato tentang menuntut ilmu, anda bisa melihatnya pada contoh pidato di bawah ini 

Yang terhormat....
Saudara-saudari an hadirin sekalian
Untuk pertama kalinya, marilah kita bersyukur kepada Allah. Tuhan yang menguasai dunia ini. Berkat rahmat-Nya kita dapat bertatap muka dalam program tahunan di bulan Rajab. Dan karena kemurahan Allah pula kita dapat ikut ambil bagian dalam perlombaan pidato ini. Kali ini saya akan membawakan sebuah pidato yang berjudul Ilmu
Shoalawat dan Salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai pembimbing yang telah menuntun kita ke arah jalan yang benar, khususnya jalan yang diridhoi oleh Allah.

Hadirin yag terhormat
Ilmu pengetahuan adalah sebuah jalan yang dapat membimbing kita kearah kebahagiaan hidup unia dan akhirat. Ilmu pengetahuan adalah sebuah cahaya yang akan menyinari kehidupan manusia sehingga mereka tidak akan kehilangan arah . Manusia tidak akan menjadi kabur pada saat mereka harus membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Dan dengan ilmu pengetahuan ini pula manusia akan mengerti tugas-tugas mereka sebagai makhluk Allah yang diciptakan hanya untuk menyembah kepada-Nya semata. Atas dasar inilah Allah mengangkat posisi dan derajat manusia yang  mempunyai ilmu pengetahuan ke dalam posisi dan derajat yng tinggi di duniaini sekaligus di akhirat kelak.

Hadirin yang terhormat
Ilmu sesungguhnya mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia.Kita tidak dapat hidup lebih baik tanpa adanya peranan ilmu. Maka dari itu marilah kita gunakan kesempatan hidup di dunia ini dengan mempelajari ilmu, sebab ilmu laksana sebuah cahaya yang akan menerangi kita di saat kita dalam kegelapan. Dalam aktifitas sehari-hari berbagai macam bentuk tindakan duniawi, akan menjadi lebih sempurna dan berguna jika didasarkan pada ilmu. Sebagai contoh, ketika setiap hari kita bekerja keras, mencari nafkah, lalu pekerjaan-pekerjaan tersebut dilandasi dengan ilmu maka tentu kita akan memperoleh keselamatan, sekaligus apa yang telah kita kerjakan akan mendapat balasan setimpal dari Allah SWT.
Hal ini berbeda  sekali dengan orang-orang yang bekerja tanpa mengetahui ilmu, mereka akan selalu jatuh ke dalam sesuatu yang dilarang. Mereka ingin menjadi kaya dalam waktu yang singkat, padahal pekerjaan bertambah sulit didapat sementara itu kebutuhan terus meningkat. Hal-hal ini seperti inilah yang sering kali menyebabkan manusia jatuh kedalam tindak korupsi, manipulasi, merampok, bejudi, dan lain sebagainya. Semua itu sebenarnya disebabkan oleh kebodohan mereka.


EmoticonEmoticon